Pages

About

Jumat, 11 September 2015

Jumlah Hari Di Setiap Bulan



Mungkin kesan pertama teman-teman saat membaca judul di atas adalah “KUKER”. Saya merasa perlu membuat postingan ini karena “ulah” teman-teman saya. Sedikit bocoran, saya lahir pada tanggal 31 Agustus (tahun dirahasiakan, ^^). Tapi yang paling membuat saya heran, kaget, plus sedikit kesal ketika ada beberapa teman saya yang bertanya, “kamu lahir tanggal berapa?” saya jawab “31Agustus.” Lalu dia bilang “emang ada yah tanggal 31 Agustus?” (huaaaaa… terus, kalau nggak ada tanggal 31, saya lahir kapan dong???)
Teman teman saya benar benar nggak tahu kalau bulan Agustus memiliki 31 hari. Karena yang mereka tahu, Juli sudah 31, masa Agustus juga 31? Nggak mungkin. Saya masih ingat cara bu guru SD mengajari kami bagamana menghitung jumlah hari. Pertama, kepalkan tangan kalian. Nah, ruas jari jari itu kan seperti membentuk gundukan. Jadi, dari gundukan jari telunjuk dimulai bulan Januari, antara jari telunjuk dan jari tengah adalah bulan Februari (kita sebut saja dataran rendah, dan tadi yang terlihat seperti gundukan kita sebut bukit). Begitu seterusnya sampai di bukit jari kelingking yang berarti bulan Juli. Bulan Agustus dimulai dari gundukan jari telunjuk lagi.
Semua bukit berarti 31 hari, dan dataran rendah menandakan 30 hari (kecuali bulan Februari). So, nggak salah kan kalau Juli dan Agustus sama sama memiliki 31 hari? Sama halnya bulan Desember dan Januari. Rinciannya sebagai berikut:
Januari             : 31 hari
Februari           : 28 hari (kecuali pada tahun kabisat maka jumlahnya menjadi 29 hari, dan hal ini terjadi 4 tahun sekali)
Maret              : 31 hari
April                : 30 hari
Mei                  : 31 hari
Juni                 : 30 hari
Juli                  : 31 hari
Agustus           : 31 hari
September       : 30 hari
Oktober           : 31 hari
November       : 30 hari
Desember        : 31 hari
Ps: buat yang merasa tertabrak, maaf ya… ^^

4 komentar: