Pages

About

Jumat, 09 Oktober 2015

Ummu Darda’ Meminang Suaminya



Ummu Darda’ adalah shahabiyah yang memiliki keindahan budi, kebagusan agama, dan kejelitaan rupa, sehingga sepeninggal Abu Darda’, Mu’awiyah dating untuk meminangnya, namun Ummu Darda’ menolak. Kisah unik ini diabadikan oleh Ibnul Jauzi dalam Shifah ash-Shafwah (1/641).

Dari Luqman bin Amir, dari Ummu Darda’ bahwa ia pernah berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya Abu Darda’ meminangku, lalu Engkau menikahkan aku dengannya di dunia, ya Allah, maka aku meminangnya kepada-Mu, dan meminta-Mu agar Engkau berkenan menikahkan aku dengannya di akhirat.

Abu Darda’ kemudian menanggapi, “Jika kamu memang benar ingin seperti itu, padahal aku adalah suami pertamamu, maka janganlah kamu menikah lagi sepeninggalku nanti.”

Luqman bin Amir melanjutkan, “Ummu Darda memiliki kecantikan. Maka sepeninggal Abu Darda’, Muawiyah datang ingin melamarnya. Lalu Ummu Darda menjawab, “Tidak, demi Allah, aku tidak akan menikah lagi di dunia, hingga aku menikah dengan Abu Darda di surga, insyaAllah.

(Cuplikan rubrik Muasyarah pada majalah HUJJAH edisi Oktober 2015, hlm. 58)

2 komentar: