Pages

About

Kamis, 18 September 2014

Nasihat Lukman El-Hakim

Luqman berkata,”Wahai anakku, banyak bergaullah dengan para ulama, karena Allah akan menghidupkan hati yang mati dengan hikmah sebagaimana Ia menghidupkan tanah yang mati dengan air dari langit. Wahai anakku, janganlah engkau memepelajari ilmu karena tiga hal dan jangan meninggalkannya karena tiga hal. Janganlah engkau mempelajarinya untuk berdebat, menyombongkan diri, atau riya’. Janganlah pula meninggalkannya karena malas, malu pada manusia, dan puas dengan kebodohan.
Wahai anakku, janganlah engkau mendebat ulama dan jangan meremehkan mereka sehingga mereka menolakmu. Jangan pula mendebat orang-orang bodoh sehingga mereka akan membodohkanmu dan mencaci makimu. Tapi, sabarkanlah dirimu menghadapi orang yang di atasmu dan kepada orang yang di bawahmu. Sesungguhnya hanya orang yang bersabar terhadap ulama yang bisa menyertai mereka sehingga bisa terus memetik ilmu mereka dengan kelembutan.
Wahai anakku, sesungguhnya hanya hikmahlah yang bisa mendudukan orang-orang miskin di majelis-majelis para raja.”

Poin yang bisa diambil dari nasihat di atas adalah: hendaknya kita senantiasa bergaul dengan para ulama, ahli hikmah, dan orang-orang shalih dengan menjaga adab yang baik kepada mereka. Tidak mencari ilmu dengan maksud pandai mendebat ataupun riya. Karena sombong bukanlah akhlaq para penuntut ilmu. Juga tak perlu berdebat dengan orang bodoh, karena kita lah yang akan dianggap bodoh. Tapi janganlah pula lelah menyampaikan peringatan, karena peringatan bermanfaat bagi orang-orang yang beriman. Wallahu a’lam.

_Ai_

0 komentar:

Posting Komentar