Pages

About

Minggu, 19 Oktober 2014

Internet, Pisau Bermata Dua


           “Hari gini nggak tau internet? Apa kata dunia?” mungkin kata-kata tersebut yang sering dilontarkan kepada orang yang gapnet (gagap internet). Sejatinya, internet memang memudahkan kita untuk mendapat banyak informasi bermanfaat yang kita butuhkan. Namun di sisi lain, internet juga menjadi racun bagi kita. Ya, internet memang bagai pisau bermata dua, bisa bermanfaat bisa juga mendatangkan madhorot.
          
             Yang mengenaskan adalah ketika kita sedang asyik berselancar mencari info atau ilmu yang kita butuhkan, dengan seenaknya gambar, video, atau iklan game yang mengarah pada (maaf) hal porno itu muncul. Inilah yang meresahkan kita, seharusnya. Kita tak ingin melihat hal “begituan”, tapi malah diperlihatkan pada kita dengan gampangnya.
          
              Tontonan yang tak sehat ini, tentulah berpengaruh buruk bagi kita semua. Tak terkecuali. Apalagi bila yang melihatnya anak di bawah umur. Secara medis, orang yang sering melihat “pemandangan tak sopan”  akan berpengaruh pada otak dan psikologisnya. Dan dalam Islam pun, kita dilarang melihat aurat orang lain.
          
              Lalu bagaimana? Karena bisa jadi kita tak segaja melihatnya. Menurut saya, secepat mungkin kita close link tersebut, jangan malah menikmatinya. Karena seharusnya kita malu melihat gambar-gambar amoral seperti itu. Dan jika tak berkepentingan menggunakan internet, maka tak perlu membuang waktu untuk berasyik ria di dalamnya. Dalam internet, hampir semua informasi tersedia. Ada yang bermanfaat, ada pula yang sifatnya sampah. Tinggal kita yang memilih, apakah kita rela membuang waktu untuk mengambil sampah-sampah internet?
          
             Terakhir, jaga anak-anak, adik, atau saudara kita yang masih di bawah umur dalam penggunaan internet. Jangan bebaskan mereka. Adapun memang ada keperluan, dampingilah. Atau tanyakan apa yang telah ia lihat, beri arahan dan nasihat, dan tanamkan sifat muraqabah. Semoga kita semua mampu menggunakan sarana internet dengan sebaik mungkin.

_Ai_

0 komentar:

Posting Komentar